http://compteur.cc/

Sabtu, 10 Desember 2011

Bapepam-LK Siapkan "Senjata" Sambut 2012

CISARUA - Menyambut tahun baru 2012 Bapepam L/K telah menyiapkan dua senjata pamungkas meski krisis global masih menghantui ekonomi Indonesia. Bapepam L/K optimistis dengan dua senjata ini akan bisa menatap tahun baru nanti.

Ketua Bapepam-LK Nurhaida menjelaskan, pada tahun 2012 nanti kondisi Eropa yang masih tidak menentu, Bapepam–LK mencoba memperbaiki kondisi atau membuat terobosan agar dapat tetap bertahan dalam krisis Eropa.

“Kita akan mencoba untuk tetap bertahan dengan melakukan perbaikan dan terobosan baik struktur, maupun reformasi terhadap peraturan maupun bisnis yang ada," ujar Nurhaida dalam acara Workshop Wartawan di Cisarua, Bogor, Sabtu (10/12/2011).

Lebih lanjut dia menjelaskan, ada beberapa hal yang akan dilakukan Bapepam-LK, antara lain bisnis reformasi dengan Straights Througth Processing (STP). Program ini, menurut Nurhaida telah digagas sejak 2010 yang lalu, namun dipastikan baru dapat diterapkan pada 2012 mendatang.

“Sistem untuk STP sudah selesai dan uji coba kami perkirakan 2012 sudah siap digunakan," ujarnya.

Untuk sistem STP ini memiliki banyak percabangan atau sistem yang akan mengikutinya seperti Single investor ID dan Data Warehouse. Menurutnya sistem tersebut diberlakukan untuk meningkatkan produk maupun jumlah emiten.

“Jumlah emiten bertambah, sehingga alternatif investasi semakin luas dan pasar modal Indonesia menjadi semakin menarik. Jumlah investor juga akan meningkat terutama investor domestik, yang merupakan pihak yang akan menjadi stabiliser karena kita masih rentan terhadap gejolak di pasar modal sehingga kita berharap investor domestik dapat menjadi peredamnya," jelasnya panjang

Sementara sistem lain yang sedang disiapkan juga, yaitu Investor Protection Fund (IPF) yang juga diharapkan dapat rampung di 2012. IPF ini merupakan sebuah badan baru yang berfungsi seperti Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dalam perbankan, untuk melindungi Investor terhadap dananya di pasar modal. (nia) (rhs)