http://compteur.cc/

Jumat, 02 November 2012

6 Makanan yang Bisa Bantu Tidur Nyenyak


muapsein.blogspot.com -Tidur nyenyak pada malam hari bagi sebagian orang bukan masalah. Tapi, bagi mereka yang masih terbawa stres karena pekerjaan dan masalah lainnya, tidur lelap sulit didapatkan.

Esther B. Horn, ahli diet dan nutrisi di New York City dan pengelola laman EatDrinkandbeGorgeous.com mengatakan untuk mendapatkan tidur nyenyak, orang perlu menghindari kafein dan gula beberapa jam sebelum waktu tidur.

"Kafein dan gula akan membuat seseorang terjaga lebih panjang. Kafein dan makanan-makanan yang mengandung gula bisa mengganggu ritme tubuh. Dua hal ini mungkin berguna untuk orang yang begadang, namun akan mengganggu tidur nyenyak," ujarnya.

Nah, enam makanan berikut ini justru baik, serta membantu tidur Anda menjadi lebih nyenyak.
  1. Pisang memiliki kandungan melatonin dan tryptophan yang memberi sinyal pada otak untuk tidur. Buah ini juga memiliki kandungan magnesium yang membuat otot tidak tegang.
  2. Daging kalkun kaya akan asam amino tryptophan yang membantu tidur Anda lebih nyenyak. Kandungan pada daging kalkun juga membantu otak memproduksi serotonin untuk tidur, neurotrasmiter untuk relaksasi, serta melatonin yaitu hormon saraf yang belakangan ini banyak ditemukan pada obat tidur.
  3. Susu hangat adalah sumber tryptophan yang memberi efek menenangkan dan membuat tubuh rileks.
  4. Kentang termasuk umbi-umbian yang tidak akan menyebabkan peningkatan gula darah. Ketika dikonsumsi, kandungan karbohidrat kentang rendah dan kaya tryptophan.
  5. Yogurt. Semua makanan yang membantu tidur nyenyak sebaiknya tidak mengenyangkan, salah satunya yogurt. Kandungan pada yogurt hampir sama dengan susu tapi lebih rendah lemaknya.
  6. Oatmeal. Semangkuk oat yang dimasak merupakan sumber melatonin yang baik. Ditambah susu, oatmeal akan membantu tidur Anda lebih nyenyak. Makanan ini selain menghangatkan perut juga kaya serat dan mengenyangkan.