http://compteur.cc/

Rabu, 23 November 2011

RI पलिंग tahan, Malaysia dan Thailand Paling Berisiko


SINGAPURA - Thailand dan Malaysia akan menjadi yang paling berisiko di antara negara-negara berkembang Asia jika ada penurunan tajam dalam ekonomi global. Sementara Indonesia dinilai negara yang paling sedikit terpapar dan memiliki kapasitas yang lebih besar untuk menghasilkan langkah-langkah stimulus seandainya ekonomi dunia jatuh tajam. Demikian lembaga pemeringkat Fitch Selasa (22/11/2011).

"Malaysia dan Thailand terlihat sangat terpapar dan memiliki ruang terbatas untuk kebijakan stimulus," kata analis Fitch Philip McNicholas, mengutip tingkat utang yang relatif tinggi terhadap produk domestik bruto (PDB).

Adapun Indonesia, lanjut dia, karena ekonomi domestik yang besar dan rasio utangnya terhadap PDB yang rendah, maka relatif paling sedikit terpapar apabila terjadi krisis ekonomi global.

Ia menambahkan, Indonesia yang merupakan perekonomian terbesar di Asia Tenggara ini, berada di jalur untuk peningkatan peringkat dalam 12 sampai 18 bulan ke depan. Fitch saat ini memberikan peringkat BB+ dengan outlook positif. "Kemampuan untuk menahan guncangan akan sangat menguntungkan untuk kasus Indonesia," katanya dalam teleconference dengan wartawan.