http://compteur.cc/

Rabu, 07 Desember 2011

Pertumbuhan Kredit BPD Dua Kali Lipat Kredit Negara Maju


JAKARTA - Pertumbuhan kredit perbankan daerah berkisar diangka 20 persen. Pertumbuhan kredit ini, dikatakan naik dua kali lipat dari pertumbuhan kredit negara maju.

Ketua Umum Asosiasi Bank Pembangunan Daerah Winny Erwindia mengatakan, pertumbuhan kredit ini jauh lebih tinggi dari pertumbuhan negara maju yang pertumbuhannya sudah stagnan dan hanya mencapai 10 persen.

"Mungkin karena krisis juga, tapi walaupun tidak krisis kredit mereka hanya tumbuh di bawah 10 persen," ujar Winny ketika ditemui di sela acara seminar Perbanas Pekerjaan Rumah bagi OJK di Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, Rabu (7/12/2011).

Lebih lanjut dia menjelaskan, pertumbuhan kredit antar BPD memang berbeda namun sambungnya kalau dirata-rata pertumbuhan kredit BPD keseluruhan mencapai 20 persen. "Ada satu BPD yang 25 persen ada yang 19 persen," jelasnya.

Selain itu, dia mengungkapkan, pertumbuhan kredit 20 persen setiap BPD berbeda dalam penyalurannya. Namun, penyaluran kredit ini sudah cukup banyak disalurkan ke sektor produktif.

"Tergantung daerah, dan keperluan penyaluran kreditnya. Harus banyak ke sektor produktif, yang jelas KUR. Infrastruktur kalau memang sudah disiapkan SDM-nya," tambahnya.

Dia menambakan, pihaknya saat ini sudah merekrut SDM berpengalaman dalam membantu penyaluran kredit sindikasi. (mrt) (rhs)