http://compteur.cc/

Sabtu, 17 Desember 2011

Siap-siap, Bunga Kredit Bakal Turun

JAKARTA - Dengan status investment grade, suku bunga kredit perbankan di Indonesia bisa turun karena resiko kredit akan jauh lebih rendah.

Direktur Utama PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan, peringkat investment grade akan membuat resiko kredit menjadi rendah yang memungkinkan akan menurunkan suku bunga kredit.

"Kita harapkan resiko kredit bisa lebih rendah, Dengan rendahnya resiko kredit bisa kemungkinan bunga kredit turun," ungkap Jahja lewat pesan singkatnya kepada okezone di Jakarta, Jumat (16/12/2011).

Bukan hanya itu, dengan banyaknya pendanaan yang datang dari luar, Jahja juga mengharapkan akan memperbaiki perekonomian Indonesia untuk ke depannya. "Kita harapkan dana investment asing makin bertambah sehingga perkembangan ekonomi Indonesia tahun depan semakin baik," pungkasnya.

Sebelumnya, Fitch Ratings menaikkan peringkat utang Indonesia ke BBB- dari sebelumnya BB+. Artinya, Indonesia telah menyabet investment grade dari lembaga pemeringkat tersebut. Pernyataan itu diumumkan Director group Fitch's Asia-Pacific Sovereign Ratings Philip McNicholas dalam keterangan tertulisnya.

Status utang yang naik pangkat itu adalah Long Term Foreign dan Local Currency Issuer. Outlook atas kedua peringkat tersebut stabil. Sementara country ceiling dinaikkan menjadi BBB, dan Short Term Foreign Currency IDR dinaikkan menjadi to F3.

"Kenaikan peringkat ini mencerminkan pertumbuhan ekonomi yang kuat dan resilien, rasio utang publik yang rendah dan terus menurun, likuiditas eksternal yang menguat, dan kerangka kebijakan makro yang hati-hati," jelas dia. (wdi)