http://compteur.cc/

Rabu, 03 April 2013

Nyari Kostan Di Bandung ?

muapsein.blogspot.com

Untuk mempermudah pencarian kostan di Bandung, saya sudah melakukan sedikit survey kecil-kecilan pada beberapa teman saya tentang harga sewa dan teman-temannya.

1. Daerah Cisitu (Sebelah utara ITB)
Di sini, macem-macem tarifnya, ada yang 2,5juta hingga 5,5juta per tahun. Tapi ada juga yang perbulan. Fasilitas standar, kamar ukuran sekitar 3x3 meter. Tapi ada juga yang rada aneh, misal 2x4 meter. Fasilitas lain, misal cuci baju, listrik, air, internet, dan embel-embel lainnya, tergantung kost-an. Biasanya nambah lagi perbulannya.

2. Plesiran dan Kebon Binatang. (Sebelah barat ITB memang kebun binatang)
Kalau di daerah ini, realtif lebih murah. Makanan di daerah ini juga lebih murah dibanding daerah Cisitu. Harga kostan rata-rata juga mirip, 2.5-5.5 juta per tahun.

3. Kebon Bibit
Ini daerah yang deket dengan Annex atau rektorat ITB. Nanti, kalau mau mengurusi administrasi, misal KSM (apa itu KSM ? Hahaha). Lokasinya juga dekat dengan Pusat Belanja Balubur. Semacam pasar tradisional yang di-mall-kan.

4. Dago
Ini rada elit lah. Bisa sampai jutaan per BULAN. Tapi, sebanding dengan fasilitas. Udah termasuk internet, cuci, bahkan ada TV kabel.

5. Daerah Rumah Sakit Borromeus
Ini wilayah kost-an yang terletak di sekitar RS. Borromeus. Harga relatif lebih mahal dibanding Cisitu atau Plesiran.
Hmm, jadi kost-an itu macem-macem. Selain kost-an, bisa juga mengkontrak rumah bareng temen-temen. Semua ada pertimbangannya lah. Yang penting, cari lingkungan yang bener. Maklum, Kota Bandung.
Pertimbangan yang biasa diperhatikan :
  1. Harga
  2. Fasilitas
  3. Lokasi
  4. Lingkungan
  5. Keamanan
  6. Pemilik Kost
  7. Penghuni kost
Oke, itu saja sih tips dari saya. Mungkin, nanti akan saya post mengenai Asrama yang ada di sekitar ITB. He...